Terima Kasih Anda sudah berkunjung ke Dunianews Health (Portal Berita Online) * Dapatkan berita terbaru disini...

Hiking Paling Top untuk Melawan Stres

Jakarta, Berbagai rekreasi sambil berolahraga bisa dilakukan orang. Tapi jika sedang mengalami stres, tak ada salahnya memilih olahraga hiking karena bisa mengurangi kadar stres.

Kegiatan hiking atau mendaki gunung tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik seseorang tapi juga baik untuk kesehatan mental. Hal ini karena para ahli setuju bahwa olahraga ini bisa mengurangi stres.

Saat hiking seseorang akan berjalan menyusuri jejak dan melakukan gerakan berulang sehingga membuat otak berada dalam posisi santai atau tidak memikirkan segala sesuatu secara khusus.

Selain itu berada di udara terbuka saat hiking juga bisa membantu, karena stres yang dialami oleh pekerja kantoran atau anak sekolah kebanyakan karena terus menerus berada di dalam ruangan, sehingga saat menghirup udara segar bisa meningkatkan semangat.

Hal lain yang bisa didapatkan oleh seseorang ketika hiking adalah melihat pemandangan indah yang membuat orang merasa bahagia dan secara tidak langsung turut membantu mengurangi stres, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (29/3/2012).

Jika ingin melakukan hiking maka memilih jalur yang benar dan teman yang tepat adalah hal penting, karena jika pergi dengan seseorang yang sering menceritakan masalahnya justru bisa membuat orang jadi lebih stres.

Untuk itu pilihlah seseorang yang kehadirannya bisa menenangkan, pilihlah jalur yang umum digunakan dan mendengarkan suara alam saat mendaki. Serta jangan lupa lakukan pemanasan sebelum mulai, membawa setidaknya 1 botol air dan gunakan sepatu yang pas untuk menghindari cedera.

Para ahli sepakat bahwa olahraga secara umum memang bisa mengurangi stres karena tubuh meningkatkan produksi endorfin (zat kimia yang bisa meningkatkan suasana hati atau mood). Endorfin ini juga bisa membantu tidur lebih nyenyak dan menurunkan kadar stres.


Sumber : detik.com

No comments