Terima Kasih Anda sudah berkunjung ke Dunianews Health (Portal Berita Online) * Dapatkan berita terbaru disini...

5 Cara Mengatasi Stres dengan Cepat dan Simpel

Jakarta, Tekanan hidup, target dan beban kerja di kantor merupakan hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres. Biasanya, hal pertama yang paling menonjol seseorang mengalami stres dan beban pikiran adalah perubahan sikap. Selain itu, stres juga berisiko buruk pada kesehatan tubuh.

Jika seseorang sudah menunjukkan tanda-tanda mengalami stres, tentu tak boleh dipandang sebelah mata. Pengetahuan seputar cara menghilangkan stres menjadi sangat penting mengingat bahaya yang ditimbulkan.

Dikutip dari Womens Weekly, berikut 5 cara mudah menghilangkan stres. Apa saja itu?

1. Olahraga

Aktivitas fisik, apapun itu, baik latihan intensitas ringan maupun latihan interval intensitas tinggi, yang dikenal sebagai HIIT, dijamin membuat kadar endorfin meningkat. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami yang bisa membantu membangkitkan perasaan bahagia dan tenang dalam diri. Berolahraga juga dapat membantu mengatasi stres dan melepaskan pikiran dari masalah tertentu.

2. Luangkan waktu sebentar

Studi telah menunjukkan bahwa mengambil waktu untuk diri setiap hari seperti jalan-jalan sebentar di pagi hari sebelum berangkat kerja atau luangkan waktu sebentar di tengah-tengah kesibukan aktivitas dapat membantu merawat perasaan dan membantu menjernihkan pikiran.

3. Gunakan minyak esensial

Saat kita stres atau merasa cemas, otot-otot di tubuh kita cenderung tegang, sehingga menyebabkan tubuh merasa lebih lelah dari biasanya. Cobalah menggunakan minyak esensial seperti lavender dan chamomile untuk menenangkan pikiran.

Tambahkan beberapa tetes ke telapak tangan dan hirup aroma di dalamnya. Minyak lavender disebut bisa meredakan sakit kepala, stres dan juga ketegangan di tubuh.

4. Konsumsi vitamin

Vitamin seperti minyak ikan, vitamin B dan folat bisa membantu mengobati perasaan cemas dan stres. Dikemas dengan asam lemak omega 3, minyak ikan dapat membantu menyeimbangkan mood dan mencegah jatuh sakit.

5. Makan yang benar

Jika sudah merasa stres dan penuh kegelisahan, sebaiknya hindari makanan tinggi lemak jenuh dan makanan yang tinggi gula. Sebab makanan tersebut bisa mempengaruhi mood. Jadi, makanlah makanan sehat yang bisa membuat diri merasa lebih baik.



Sumber : detik


No comments